Logo Jazz Pantai

Seniman Pendukung

Beberapa musisi yang akan tampil di Banyuwangi Beach Jazz Festival 2014 yaitu:

  • Kua Etnika featuring Trie Utami
  • Kahitna
  • Tohpati and Friends
  • Kolaborasi Djaduk Ferianto dengan pelaku seni Banyuwangi

Acara ini akan dipandu oleh:

  • Cak Lontong
  • Insan Nur Akbar

caklontongakbar

 

Kua Etnika featuring Trie Utami

Djaduk Ferianto

Sejak berdiri tahun 1995, Kua Etnika telah menempatkan diri sebagai salah satu kelompok musik yang tekun mengolah khasanah musik etnis dengan semangat  kontemporer. Kua Etnika sudah menghasilkan beberapa album, antara lain Nang Ning Nong Orkes SumpegRitus SwaraUnen Unen. Kua Etnika juga telah menghasilkan album hasil kolaborasi dengan pemusik-pemusik mancanegara, antara lain dengan para pemusik Malaysia yang menghasilkan konser Many Skin. Dan tahun 2003 lalu berproses dengan grup Pata Masters dari Jerman dan menghasilkan Pata Java. Kua Etnika juga banyak terlibat dalam pentas-pentas musik di banyak negara, seperti Swiss, Australia, Jerman, Belanda, dan Ceko.

 

Trie Utami

trie utami

Trie Utami Sari, biasa dipanggil Iie, lahir pada tanggal 8 Januari 1968 di Bandung adalah penyanyi dan pencipta lagu Indonesia berdarah Sunda dan Jawa. Iie mengenal musik sejak kecil. Rumah mereka selalu dipenuhi suara Pat Boone, Glen Muller, Perry Como, serta berbagai lagu klasik yang diputar lewat piringan hitam. Sejak tahun 1972-1986, bersama kedua kakanya, Purwa Tjaraka dan Thea Ika Ratna, Iie berlatih piano. Pengajar pianonya adalah Alfons Becalel (orang Hongaria) dan Rhinno serta Linda dari YPPM (Yayasan Pusat Pendidikan Musik) Bandung. Iie juga mengukuti pendidikan musik di Bina Mustika Bandung tahun 1978.

Awal karier profesional Iie adalah saat dia ‘dilamar’ oleh Krakatau, grup band beraliran jazz yang sangat masyhur saat itu.Bersama Krakatau, Iie membuat album pertamanya tahun 1986 bertajuk First Album. Meskipun demikian, nama Iie mulai dikenal saat menjadi pemenang Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors (1987) membawakan lagu “Keraguan”, karya Edwin Saladin dan Adelansyah. Iie juga berhasil menjuarai Festival Penyanyi Lagu Populer Indonesia, tahun 1989. Sejumlah Iie yang sempat menjadi hit, antara lain “Kau Datang”, “Untuk Ayah dan Ibu” (ciptaannya sendiri), serta “Nurlela 1″ dan “Nurlela 2″. Yang terakhir ini dinyanyikannya berempat bareng Vina Panduwinata Atiek CB, dan Malda, yang tergabung dalam kelompok Rumpies. Trie Utami pun semakin dikenal oleh publik mengenai kehadirannya sebagai juri di Akademi Fantasi Indosiar yang meraih popularitas cukup besar pada tahun 2004-2006 serta dijuluki Miss Pitch Control. Kini, ia masih menjadi juri di AFI 2013.

Kahitna

KahitnaFull

KAHITNA, grup band yang dimotori oleh Yovie Widianto dan dibentuk di Bandung pada lebih dari dua dekade lalu, tepatnya pada tanggal 24 Juni 1986, masih terus berkarya menghasilkan lagu-lagu bertema cinta yang catchy. Dengan aransemen musik yang cantik, Kahitna berhasil menggabungkan unsur jazz, pop, fussion dan etnik yang memikat hati para Soulmate, sebutan untuk fans Kahitna. Kekuatan musik Kahitna terletak dalam lirik yang sederhana dan musik yang easy listening, membuat band yang pernah menjuarai Festival Band Explosion (Light Music Contest) di Tokyo, Jepang pada 1991 silam, tak sulit mendapat tempat di belantika musik tanah air. Hal ini terbukti dengan lagu-lagu Kahitna yang selalu hit, seperti Cerita Cinta, Seandainya Aku Bisa Terbang, Cantik, Tak Sebebas Merpati, Setahun Kemarin, Andai Dia Tahu, Permaisuriku, Menikahimu dan masih banyak lagi seakan menjadi soundtrack untuk kisah cinta para penikmat musik di Tanah Air.

Sejak berdirinya, Kahitna telah mengalami bongkar pasang personil hingga saat ini Kahitna berdiri dalam formasi Yovie Widianto (piano, keyboard), Mario Ginanjar (vokalis), Hedi Yunus (vokalis), Carlo Saba (vokalis), Dody Isnaini (bass), Harry Suhardiman (perkusi), D. Bambang Purwono (keyboard), Budiana Nugraha (drum), Andrie Bayuaji (gitar).

Tohpati and Friends

Tohpati

Tohpati Ario Hutomo atau yang lebih biasa dikenal dengan panggilan Tohpati adalah seorang penulis lagu Indonesia yang lahir pada tanggal 25 Juli 1971 di Jakarta. Tohpati dikenal sebagai salah satu gitaris jazz terbaik di Indonesia, hal tersebut dikarenakan seringnya ia tampil di TV bersama penyanyi-penyanyi pop seperti Krisdayanti, Glenn Fredly, Rossa, Chrisye, dan lain-lain. Banyak karya-karyanya memadukan elemen kebudayaan tradisional sejalan dengan usahanya untuk memadukan unsur modern dan unsur tradisional Indonesia dalam musik-musiknya. Aliran musik jazznya dipengaruhi oleh banyak gitaris jazz dunia, tapi yang paling besar adalah pengaruh dari gaya permainan Pat Metheny.

Setelah sebelumnya dikenal sebagai gitaris dari kelompok Halmahera yang telah merekam 2 album, tahun 1997 Tohpati mulai merilis album solonya, sampai hari ini Tohpati telah merilis tidak kurang dari 5 album, yaitu Tohpati (1997), Serampang Samba (2002), It’s Time (2008), Tohpati Etnomission (2010), Song For You (2013). Tohpati dikenal sebagai musisi yang sangat produkti dengan seringnya ia membuat project-project sampingan selain project solonya. Project-project itu antara lain Halmahera, Simak Dialog, Trisum, Tohpati Etnomission, Tohpati Bertiga, dan Six Strings.

Kesibukan lainnya saat ini, ia juga memproduksi album dan bertindak sebgai aranjer untuk rekaman artis-artis penyanyi seperti Marcel, Ruth Sahanaya, Andien, Rio Febrian, Chrisye, Iwan Fals, Ebiet G. Ade, Harvey Malaiholo, Audy, Pinkan Mambo, Titiek Puspa, Yuni Sahara, Sania, Delon, Chandra, Dian PP, Terry, Reza, Rieka Roslan, Nina Tamam, Vidi Aldiano, Astrid, Afghan dan lainnya. Pada pagelaran Jazz Pantai kali ini, Tohpati akan tampil bersama project terbarunya yang berisikan musisi-musisi muda berbakat Indonesia, dengan formasi Tohpati (guitar), Krisna Balagita (keyboards), Eugene Bounty (sax,clarinet), Jessilardus mates (drums), Zoltan renaldi (bass).